Posted by: blogiwan | 29 May 2012

Roti Buaya VS Buaya Darat

Pernahkah anda memperhatikan dan penasaran dengan hal kecil ataupun besar di sekitar anda? Saya suka begitu, saya suka bertanya kenapa begini kenapa begitu. Dan dalam tulisan ini saya mau membahas satu hal yang belum lama ini baru saya tahu. Roti Buaya. Setiap suku punya adat unik dalam rangkaian acara pernikahan. Salah satunya adalah adanya roti buaya sebagai salah satu seserahan dalam pernikahan adat Betawi. Kenapa roti buaya?

                Ternyata buaya adalah perlambang kesetiaan. Buaya termasuk binatang yang setia dengan pasangannya, tidak seperti binatang lain yang gonta-ganti pasangan sesuka hati, buaya jantan hanya kawin dengan satu  betina dan setia dengannya seumur hidup. Saya tidak tahu tepatnya apakah ini suatu fakta ilmiah atau sesuatu yang dipercaya secara turun menurun. Yang jelas ini adalah alasan yang sebenarnya mengenai asal-muasal roti buaya dalam tradisi pernikahan Betawi. Mengenai hal ini anda bisa googling dan akan ketemu banyak referensi yang bisa anda baca.

                Yang lalu menggelitik saya adalah kenapa laki-laki yang tak setia disebut buaya darat? Kata temen saya “ya itu dia, yang setia sama pasangan itu buaya air, buaya darat sebaliknya”. Kali inipun saya tidak tahu pasti istilah buaya darat itu darimana bermula. Tapi bila dikaitkan dengan roti buaya yang merupakan perlambang kesetiaan mungkin benar bahwa adanya penambahan “darat” itu menunjukkan kesebalikannya. Buaya air setia, buaya darat ga setia.

                Mungkin teman-teman ada yang tahu ceritanya?


Leave a Reply

Categories

