Posted by: blogiwan | 24 April 2012

Kenapa Al Quran Harus Dijaga Dalam Bahasa Arab??

Dari kecil seorang muslim belajar Quran. Dalam keluarga muslim ideal bahkan mulai mengajak anak-anaknya menghapal Quran sejak dini. Anak-anak Aceh rata-rata sudah bisa baca Quran sebelum masuk SD.

Waktu kecil saya pernah terbesit pertanyaan kenapa ada agama lain yang kitabnya berbahasa Indonesia, kenapa Al Quran harus berbahasa Arab? Yang karena itu kita harus belajar huruf Hijaiyah, belajar bahasa Arab dan belajar membaca Al Quran.

Sekarang saya menemukan jawabnya sendiri. Sebenarnya sudah lama sih baru sekarang aja sempat nulis.. Al Quran adalah kitab suci yang takdirnya turun kepada Rasululllah saw dan berbahasa Arab. Walau kemudian Islam menyebar ke penjuru dunia dengan ribuan bahasa berbeda Al Quran tetap harus disebarkan dalam bahasa Arab. Boleh dengan terjemahnya tapi terjemahan Al Quran tanpa teks aslinya dalam bahasa Arab bukanlah Al Quran.

Menurut saya (benar-benar menurut saya, ga pakai dalil) kitab suci harus dijaga dalam bahasa aslinya karena “tidak semua kata pada suatu bahasa tertentu punya padan kata yang tepat sama dalam bahasa lain” Jadi Al Quran yang turun dalam bahasa Arab itu kalau kita urai perkata tidak semua katanya punya padan kata yang sama dalam bahasa Indonesia misalnya. Lebih-lebih kata kerja atau kata sifat. Sebagai contoh begini: Huwallahu dalam bahasa Indonesia bisa diartikan “dia Allah” dan ga ada masalah dengan itu. Tapi dalam bahasa Inggris ternyata bermasalah. Apa pasal? Dalam bahasa Inggris kata “dia” harus dispesifikan menjadi “he” atau “she”. Lah sementara Allah bukan laki-laki juga bukan perempuan kan? Seandainya Al Quran boleh beredar dalam bahasa Inggris tentulah lama-lama ada kesan Allah itu laki-laki karena sejauh ini terjemah Huwallahu adalah “He is Allah”. Bahaya kan?

Sekarang dengan adanya google terjemah kita bisa buat simulasi. Coba ambil satu kata saja salam bahasa Arab, terjemahkan dalam bahasa Inggris, lalu hasilnya terjemahkan dalam bahasa Belanda, lalu hasilnya terjemahkan dalam bahasa Indonesia, lalu hasilnya terjemahkan dalam bahasa Arab kembali, apa hasilnya?
Hmm malam ini itu dulu. Mari diskusi

 

 


Responses

  1. Assalamu’alaikum…
    Meskipun manusia tidak ada satupun yang mau menjaganya, tapi Alloh kan udah janji akan terus menjaga Al-Qur’an sampe hari akhir, mas… Dan saya yakin, penjagaan Alloh paling sempurna. Jadi mau dibagaimanakanpun, Al-Qur’an akan tetap base-on Arabic fonts and language sampe hari kiamat, insya Alloh.

    • Waalaikumsalam wr wb
      Benar sekali akhi.. Pinter banget.. Kuliahnya di Untirta ya?🙂

      • Hehe.. saya tamatan SMA =)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: