Posted by: blogiwan | 23 May 2013

Meluruskan Makna Ohayou Gozaimasu

Anda barangkali pernah mendengar seorang motivator berkata bahwa di Jepang mau pagi,mau siang atau malam mereka mengucapkan “ohayou gozaimasu” alias Selamat Pagi dalam bahasa kita. Kata motivatornya hal itu menunjukkan kita harus tetap semangat, setiap waktu semangat seperti semangat di pagi hari.. Tapi benarkah begitu?

Sebenarnya begini. Memang benar orang Jepang mengucapkan Ohayou Gozaimasu tidak melulu di pagi hari, tapi juga bukan berarti setiap waktu mereka bertemu mengucapkan Ohayou Gozaimasu.. Ohayou Gozaimasu adalah sapaan bertemu ketika seseorang baru sampai kantor/pabrik tempatnya bekerja. Nah jika dia pabrik memberlakukan kerja shift maka mereka tetap mengucapkan ohayou gozaimasu saat baru datang di pabrik meski saat itu shift 2 sore hari atau shift 3 malam. Bahkan karyawan yang jam kerja mulai jam 8 pagi lalu ia telat sehingga datang jam 12 siang ia tetap mengucapkan ohayou gozaimasu. Hal ini yang kemudian dibawa-bawa ke Indonesia bahwa orang Jepang selalu mengucapkan Ohayou Gozaimasu ga pandang pagi, siang atau malam.

Pada kenyataannya bahasa Jepang juga mengenal kata konichiwa (selamat siang), dan konbanwa (selamat malam). Sedangkan pagi sendiri bahasa Jepangnya adalah “asa”. Jadi sebenarnya Ohayou Gozaimasu itu gimana?

Sebenarnya Ohayou Gozaimasu diartikan “Selamat Pagi” itu bukan makna harfiahnya (makna apa adanya). Kalau diterjemahkan secara bahasa Ohayou Gozaimasu artinya “o kamu cepat sekali (datangnya)”.. Kata sensei saya yang 5 tahun kuliah dan kerja di Jepang, ohayou gozaimasu itu sebenarnya semacam say hallo saja.. Sama seperti kita ketemu teman di kantor saat baru datang lalu melambaikan tangan dan say :”hai..”

Jika teman-teman pernah di Jepang mohon koreksinya jika salah..

About these ads

Responses

  1. lebih tepatnya, kl ucma salam lewat aja cukup pk ohayou…..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,319 other followers

%d bloggers like this: